Mewaspadai Efek Makan Durian Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Durian adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh hampir semua orang. Hal ini lantaran durian memang memiliki rasa yang sangat lezat dan membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya secara terus menerus.

Namun meski memiliki rasa yang sangat lezat, buah durian sendiri nyatanya tak dapat dikonsumsi oleh beberapa orang lantaran kandungan zat alkohol dan lainnya yang terdapat di dalam buah durian sangatlah kuat.

Bagi ibu hamil sendiri mengonsumsi durian pada dasarnya memang tak akan mempengaruhi kesehatan ibu, namun ibu hamil tersebut haruslah waspada dengan janin yang dikandungnya.

Mengonsumsi durian sebenarnya boleh saja bagi ibu hamil hanya saja dalam porsi yang sedikit dan tidak berlebihan. Karena jika berlebihan nantinya juga akan membahayakan nasib dari kehamilanya.

Terdapat beberapa zat yang terkandung pada durian dan memberikan sebuah efek negatif yakni asam arachidonat dan alkohol.

Asam Arachidonat sendiri adalah senyawa yang dapat membuat rangsangan terhadap sebuah kontraksi pada kehamian sehingga akan terjadi sebuah keguguran bila dilanjutkan secara terus menerus pada awal kehamilan.

Sedangkan pada akhir kehamilan zat tersebut dapat membuat bayi lahir prematur dan tidak dalam keadaan sehat. Kemudian efek zak alkohol yang terdapat pada durian bagi ibu hamil adalah dapat membuat pertumbuhan janin dalam kandungan menjadi terhambat.

Sehingga menyebabkan bayi lahir prematur dan mempunyai berat badan yang cukup rendah ketika dilahirkan. Hal ini tentu saat tak ingin dialami oleh semua ibu hamil. Karena semua menginginkan anak lahir dengan sempurna dan juga sehat.

Sementara itu pada ibu menyusui sama halnya dengan ibu hamil yakni diperbolehkan namun tentu dengan porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

Karena apabila berlebihan tentu saja akan berdampak pada air susu yang tidak dapat keluar dengan sempurna. Durian sendiri memiliki efek panas pada pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan dan mengakibatkan gangguan pencernaan.

Dengan demikian dapat disimpulan, sebenarnya durian bagi ibu hamil dan menyusui sah – sah saja dan diperbolehkan, hanya saja setiap ibu hamil dan menyusui tentu saja harus mengetahui batas – batas dari kemampuan yang dimiliki. Semua akan tidak baik hasilnya jika dilakukan secara berlebihan, begitupula ketika mengonsumsi durian.

Sumber: islamidia.com

Kisah Wanita Tua Pembenci Nabi Muhammad

Alkisah seorang wanita tua yang sedang melintasi gurun pasir dengan membawa beban yang berat. Walaupun tampak sangat kepayahan, namun ia tetap berusaha membawa barang bawaannya dengan sekuat tenaga.

Tak lama kemudian, seorang laki-laki muda datang dan menawarkan diri untuk mengangkat bawaannya. Wanita malang itu menerima tawaran tersebut dengan senang hati. Laki-laki itu pun mengangkat bawaannya kemudian mereka berjalan beriringan.

“Senang sekali kamu mau membantu dan menemani, saya sangat menghargainya”, kata wanita itu.

Ternyata ia adalah seorang wanita yang senang berbicara. Laki-laki itu pun dengan sabar mendengarkan sambil tersenyum tanpa pernah menginterupsinya. Suatu saat dia berkata pada laki-laki tersebut,

“Anak muda, selama kita berjalan bersama, saya hanya punya satu permintaan. Jangan berbicara apapun tentang Muhammad! Gara-gara dia, tidak ada lagi rasa damai dan saya sangat terganggu dengan pemikirannya. Jadi sekali lagi, jangan berbicara apapun tentang Muhammad!”.

Dia lalu melanjutkan lagi, “Orang itu benar-benar membuat saya kesal. Saya selalu mendengar nama dan reputasinya kemanapun saya pergi. Dia dikenal berasal dari keluarga dan suku yang terpercaya, tapi tiba-tiba dia memecah belah orang-orang dengan mengatakan bahwa tuhan itu satu.”

“Dia menjerumuskan orang yang lemah, orang miskin, dan budak-budak. Orang-orang itu berpikir mereka akan dapat menemukan kekayaan dan kebebasan dengan mengikuti jalannya,”

Wanita itu melanjutkan dengan kesal. “Dia merusak anak-anak muda dengan memutarbalikkan kebenaran. Dia meyakinkan mereka bahwa mereka kuat dan bahwa ada suatu tujuan yang bisa diraih. Jadi anak muda, jangan sekali-kali kamu berbicara tentang Muhammad!”

Tak lama kemudian, mereka sampai ke tempat tujuan. Laki-laki itu menurunkan barang bawaannya. Wanita tua itu menatapnya sambil tersenyum penuh terima kasih.

“Terima kasih banyak, anak muda. Kamu sangat baik. Kemurahan hati dan senyuman kamu itu sangat jarang saya temukan. Biarkan saya memberi kamu satu nasihat. Jauhi Muhammad! Jangan pernah memikirkan kata-katanya atau mengikuti jalannya. Kalau kamu lakukan itu, kamu tidak akan pernah mendapatkan ketenangan. Yang ada hanya masalah.”

Pada saat laki-laki itu berbalik menjauh, wanita itu menghentikannya, “Maaf, sebelum kita berpisah, boleh saya tahu namamu, anak muda?”

Lalu laki-laki itu memberitahukannya dan wanita itu terkejut setengah mati.

“Maaf, apa yang kamu bilang? Kata-katamu tidak terdengar jelas. Telinga saya semakin tua, terkadang saya tidak bisa mendengar dengan baik. Kelihatannya lucu, saya pikir tadi saya mendengar kamu mengucapkan Muhammad.”

“Saya Muhammad,” laki-laki itu mengulang kata-katanya lagi pada wanita tua itu. Wanita itu terpaku memandangi Rasulullah SAW.

Tak berapa lama meluncur kata-kata dari mulutnya, “Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan-Nya.“

Demikianlah Rasulullah SAW. Hanya dengan dua kata dari mulutnya yang mulia, serta dibekali dengan kerendahan hati, kesabaran, dan kewibawaan yang luar biasa, beliau sanggup mengubah hati seorang wanita tua yang sebelumnya sangat membencinya menjadi mencintainya hanya dalam waktu singkat.

Sumber: islamidia.com

Membicarakan Keburukan Orang Lain Lebih Keji Daripada Zina 30 Kali

Membicarakan Keburukan Orang Lain atau sering disebut dengan kata Menggunjing, sekarang ini sudah menjadi kebiasaan yang dianggap wajar oleh masyarakat. Terlebih perbuatan menggunjing itu sepertinya mudah sekali untuk dilakukan.

Dengan respon yang baik dari sesamanya untuk menggunjing, akan membuat seseorang lebih bersemangat. Lidah seakan-akan tidak mempunyai rem. Sehingga seseorang yang terus berbicara tentang keburukan orang lain, sangat berat sekali untuk dihentikan.

Keburukan orang lain seakan menjadi pembahasan yang sangat menarik untuk dikaji. Terlebih, jika orang yang sedang diperbincangkan melewati mereka, maka hati mereka tambah puas untuk semakin merendahkannya.

Inilah yang dapat membuat seseorang menjadi frustasi dan putus asa. Sehingga, banyak kita temukan orang-orang di sekitar kita yang mengakhiri hidupnya secara tragis hanya karena telinganya tak kuasa lagi mendengar prasangka buruk tentangnya.

Sungguh, sangatlah hina perbuatan membicarakan keburukan orang lain. Bukan hanya menyakiti perasaan orang lain.

Namun juga bisa membuat seseorang menjadi tak bersemangat dalam menjalani hidup. Padahal, Allah SWT melarang keras perbuatan tersebut.

Allah SWT berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dusta dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Hujurat: 12).

Imam Al Ghazali dalam kitab ‘Bidayah Al Hidayah’ menjelaskan bahwa,

‘Dosa ghibah (menggunjing) adalah lebih keji daripada dosa akibat perbuatan zina yang dilakukan hingga 30 kali dan jaminannya sudah pasti neraka. Wal ‘Iyaadzu Billah.’

Bayangkan, menggunjing orang lain adalah sama halnya seperti menginjak-injak martabat orang lain, bahkan merendahkan kehormatan dan harga dirinya.

Maka jika Anda digunjing orang lain, sudah pasti Anda tidak akan menerimanya terlebih gunjingan tersebut tidak sesuai dengan fakta.

Oleh karenanya, Wahai saudaraku yang kucintai karena Allah, Sebelum lidah ini berkata tentang keburukan orang lain, ingatlah diri kita sendiri.

Cobalah kita intropeksi diri. Tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita ini sudah lebih baik daripada orang lain.

Apakah derajat kita begitu mulia di mata Allah SWT dan makhluk di dunia ini, sehingga kita boleh menganggap rendah orang lain? Tentu tidak!

Daripada kita sibuk menjelek-jelekkan orang lain, lebih baik kita perbaiki diri kita. Masih banyak kekurangan dan kesalahan yang mesti kita benahi.

Itu sudah cukup menguras waktu dan tenaga kita. Jangan sampai kita menghabiskan waktu hanya untuk menganggap lemah orang lain.

Wallahu A’lam.

Sumber: islamidia.com

Apakah Taubatnya Pelakor dan Pezina Masih Diterima Oleh Allah? Ini Penjelasan Hadits Nabi

Sebesar apa pun dosa yang dilakukan oleh seorang hamba, apabila dia mau bertobat, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya itu, sebagaimana dosa seorang wanita pezina dan pembunuh. Peristiwa ini pernah terjadi pada zaman Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam.

Sebagaimana yang diceritakan oleh Abu Hurairah r.a. “Pada suatu malam, setelah shalat Isya berjamaah bersama Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam, aku keluar mencari angin. Di tengah jalan aku melihat seorang wanita bercadar sedang berdiri.

Ia lalu menyapaku, ‘Wahai Abu Hurairah, aku telah melakukan dosa besar. Apakah aku masih bisa bertobat?’

Aku kemudian bertanya, “Dosa apa yang pernah kamu lakukan?’

Wanita itu lantas menjawab, “Aku telah berzina dan membunuh anak hasil dari perzinaanku!”

Ketika mendengar pengakuannya itu, aku lantas berkata, “Celakalah engkau yang telah membinasakan anakmu. Demi Allah, tobatmu tidak akan bisa diterima.”

Setelah aku berkata demikian, wanita tadi langsung menjerit dan pingsan. Saat melihat sedemikian sengsaranya hati wanita tadi hingga pingsan, tiba-tiba aku menyesal.

Aku berkata dalam hati, aku telah lancang berfatwa, padahal Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam. berada di sekitar kami. Pada keesokan harinya, aku menemui beliau untuk melaporkan kepadanya kejadian yang aku alami tadi malam.

“Ya Rasulullah. semalam ada seorang wanita meminta fatwa kepadaku tentang masalah ini!”

Aku lalu menceritakan masalah yang dihadapi wanita tersebut kepada Rasulullah. Sesudah mendengar ceritaku, beliau kemudian berkata,

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Demi Allah, engkau telah celaka dan mencelakakan orang lain. Bagaimana pendapatmu tentang ayat ini,

وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ يَلْقَ أَثَامًا () يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا () إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

‘Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina; dan barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat, (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari Kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman dan mengerjakan kebajikan; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. al-Furqaan: 68-70)

Setelah mendengar sabda beliau, aku langsung pergi dari hadapannya. Sambil berlari di jalanan kota Madinah aku mencari wanita yang menemuiku semalam.

Aku bertanya pada setiap orang yang aku temui tentang keberadaan wanita itu, sampai akhirnya aku bertanya pada sekumpulan orang, ‘Siapa yang dapat menunjukkanku seorang wanita yang semalam bertanya kepadaku tentang masalah begini dan begini?’

Sikapku dalam mencari wanita itu telah mengundang keheranan anak-anak kecil, sampai mereka berkata, ‘Abu Hurairah telah gila!’

Akhirnya, pada suatu malam aku berhasil menemukannya di suatu tempat, lalu aku memberitahukannya tentang perkataan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam, bahwa ia bisa bertobat untuk menebus dosa-dosanya.

Kabar yang aku bawa ini telah menggembirakan hatinya, sampai ia menjerit kegirangan. Kemudian ia berkata kepadaku, “Aku memiliki sebidang kebun yang akan aku sedekahkan kepada kaum Muslimin untuk menebus dosaku!”

Wanita pezina itu akhirnya bertobat kepada Allah dengan sungguh-sungguh dan penuh penyesalan. la senantiasa memperbaiki amal ibadahnya sampai ajal menjemputnya.

Sumber: islamidia.com

Baca Kisah Suami yang Minta Poligami Ini, Dijamin Rumah Tanggamu Makin Romantis

Suami: “Sayang nanti kalau udah punya rezeki yg berlimpah…. saya boleh nikah lagi?”

Istri: “Boleh tapi ada syaratnya?”

Suami: “Kenapa harus pake syarat sayang? Kan saya udah mampu, tapi tak apa lah, untuk menghargai kamu yg udah mengijinkan saya untuk nikah lagi. Tapi apa syaratnya?”

Istri: “Kamu harus sholat 5 waktu di masjid setiap hari, dan hafal alqur’an 15 juz, ( Sambil berkata dalam hati, pasti dia gk bisa dan gak mau dgn syaratnya)

Suami: “Apa gak ada syarat yg lain sayang”

Istri: “Ini udah gak bisa ditawar lagi”

Suami: “Baiklah kalau begitu”

1 tahun kemudian si suami menagih janji kepada sang istri untuk mengijinkan dia menikah lagi, karena dia sudah memiliki rezeki yang berlimpah.

Suami: “Sayang sekarang saya bisakan nikah lagi?”

Istri: “Boleh, tapi jangan lupa syaratnya”

Suami: “Baiklah…”

Si suami pun setiap hari sholat 5 waktu ke masjid, dengan penuh semangat dan setiap hari menghafal surah-surah yang ada dalam al-Qur’an. Bahkan saat bekerja pun si suami pun tetap menghafal surahnya.

Dimana ada kesempatan dia tetap menghafal surahnya demi mendapatkan izin istrinya menikah lagi. Dan anehnya sang istri juga membantu suaminya untuk menghafal al-Qur’an. Tapi disetiap dia sudah membantunya sang istri pun menangis dan berkata:

“Ya Allah aku melihat hamba-Mu yang begitu mencintai dunia ini sampai dia rela berkorban apa saja demi mendapatkan kesenangan dunianya, sebegitu cintanya dirinya kepada dunia. Sampai-sampai dia lupa, seharusnya dia harus lebih mencintai dirimu yang telah memberikan limpahan nikmat dan rezeki. Dan sebenarnya rezeki itu adalah titipan baginya serta cobaan juga bagi dirinya. Kenapa dia tidak bisa berkorban untuk-Mu. Ya Rabb, padahal Kau begitu mencintai hamba-hambaMu”

Suami: “Sayang, kenapa bengong dan ngelamun?”

Istri: “Gak apa-apa?”

Suami: “Kenapa? Kamu memikirkan aku yang mau nikah lagi yah?”

Istri hanya terdiam seribu bahasa.

Suami: “Sebenarnya dari awal aku hanya menguji kesetiaan kamu kepadaku dan menguji cinta kamu untukku. Terimakasih ya atas segalanya”

Istri: “Maksudnya?”

Suami: “Mana mungkin saya akan menikah lagi sementara istri saya ini sangatlah solehah, bidadari pun kalah dengan wanita sholehah sepertimu. Dan terima kasih sayang kau telah menunjukan jalan yang terbaik untukku. Dengan kamu memberikan syarat seperti itu, sepertinya saya berfikir dua kali mau nikah lagi. Saya paksa diri saya melakukan syarat yang kamu ajukan supaya kamu yakin bahwa saya bener ingin menikah lagi dan saya ingin melihat kecemburuan kamu sebenarnya. Di setiap kamu bantu saya menghafal al-Qur’an saya sedih, dan berfikir tak akan mudah diri ini mendapatkan istri seperti dirimu lagi. Jadi kmu jangan bengong lagi”

Istri: “Jadi kmu gak jadi nikah lagi?”

Suami: “Gak sayang, istri sepertimu tidak akan ada duanya, dan tidak akan dapat tergantikan oleh apapun”

Istri: “Astagfirullah… aku sempat su’udzon padamu sayang. Saya pikir itulah kamu dan kmu lebih mencintai kesenangan dunia dari pada istrimu ini”

Suami: “Kebahagiaanku itu kamu, tanpa kamu aku tak mungkin sebahagia ini”

Istri: (senyum-senyum ☺ )

Semoga rumah tangga kita selalu harmonis dan sakinah mawaddha wa rohmah. Amin

Barakallahu fikum jamian

Sumber: islamidia.com

Berjilbablah, Karena Seperti Ini Pikiran Pria Saat Melihat Wanita Mengumbar Aurat

Kamu tahu kenapa saya suka wanita itu pakai jilbab? Jawabannya sederhana, karena mata saya susah diajak kompromi. Bisa dibayangkan bagaimana saya harus mengontrol mata saya ini mulai dari keluar pintu rumah sampai kembali masuk rumah lagi.

Dan kamu tau? Di kampus tempat saya seharian disana, kemana arah mata memandang selalu saja membuat mata saya terbelalak. Hanya dua arah yang bisa membuat saya tenang, mendongak ke atas langit atau menunduk ke tanah.

Melihat kedepan ada perempuan berlenggok dengan seutas “Tank Top”, noleh ke kiri pemandangan “Pinggul terbuka”, menghindar kekanan ada sajian “Celana ketat plus You Can See”, balik ke belakang dihadang oleh “Dada menantang!” Astaghfirullah… kemana lagi mata ini harus memandang?

Kalau saya berbicara nafsu, ow jelas sekali saya suka. Kurang merangsang itu mah! Tapi sayang, saya tak ingin hidup ini dibaluti oleh nafsu. Saya juga butuh hidup dengan pemandangan yang membuat saya tenang.

Saya ingin melihat wanita bukan sebagai objek pemuas mata. Tapi mereka adalah sosok yang anggun mempesona, kalau dipandang bikin sejuk di mata. Bukan paras yang membikin mata panas, membuat iman lepas ditarik oleh pikiran “ngeres” dan hatipun menjadi keras.

Andai wanita itu mengerti apa yang sedang dipikirkan oleh laki-laki ketika melihat mereka berpakaian seksi, saya yakin mereka tak mau tampil seperti itu lagi. Kecuali bagi mereka yang memang punya niat untuk menarik lelaki untuk memakai aset berharga yang mereka punya.

Istilah seksi kalau boleh saya definisikan berdasar kata dasarnya adalah penuh daya tarik seks. Kalau ada wanita yang dibilang seksi oleh para lelaki, janganlah berbangga hati dulu.

Sebagai seorang manusia yang punya fitrah dihormati dan dihargai semestinya anda malu, karena penampilan seksi itu sudah membuat mata lelaki menelanjangi anda, membayangkan anda adalah objek syahwat dalam alam pikirannya.

Berharap anda melakukan lebih seksi, lebih… dan lebih lagi. Dan anda tau apa kesimpulan yang ada dalam benak sang lelaki? Yaitu: anda bisa diajak untuk begini dan begitu alias gampangan!

Mau tidak mau, sengaja ataupun tidak anda sudah membuat diri anda tidak dihargai dan dihormati oleh penampilan anda sendiri yang anda sajikan pada mata lelaki. Jika sesuatu yang buruk terjadi pada diri anda, apa itu dengan kata-kata yang nyeleneh, pelecehan seksual atau mungkin sampai pada perkosaan.

Siapa yang semestinya disalahkan? Saya yakin anda menjawabnya “lelaki” bukan? Oh betapa tersiksanya menjadi seorang lelaki dijaman sekarang ini.

Kalau boleh saya ibaratkan, tak ada pembeli kalau tidak ada yang jual. Simpel saja, orang pasti akan beli kalau ada yang nawarin. Apalagi barang bagus itu gratis, wah pasti semua orang akan berebut untuk menerima.

Nah apa bedanya dengan anda menawarkan penampilan seksi anda pada khalayak ramai, saya yakin siapa yang melihat ingin mencicipinya.

Begitulah seharian tadi saya harus menahan penyiksaan pada mata ini. Bukan pada hari ini saja, rata-rata setiap harinya. Saya ingin protes, tapi mau protes ke mana? Apakah saya harus menikmatinya?

Tapi saya sungguh takut dengan Zat yang memberi mata ini. Bagaimana nanti saya mempertanggungjawabkan nanti? sungguh dilema yang berkepanjangan dalam hidup saya.

Allah Taala telah berfirman:

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya”, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita beriman “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali yang biasa terlihat. ….” – (QS. An-Nuur : 30-31).

Jadi tak salah bukan? Kalau saya sering berdiam di ruangan kecil ini, duduk di depan komputer menyerap sekian juta elektron yang terpancar dari monitor, saya hanya ingin menahan pandangan mata ini.

Biarlah mata saya ini rusak oleh radiasi monitor, daripada saya tak bisa pertanggung jawabkan nantinya.

Jadi tak salah juga bukan? kalau saya paling malas diajak ke mall, jjs, kafe, dan semacam tempat yang selalu menyajikan keseksian.

Saya yakin, banyak laki-laki yang punya dilema seperti saya ini. Mungkin ada yang menikmati, tetapi sebagian besar ada yang takut dan bingung harus berbuat apa.

Bagi anda para wanita apakah akan selalu bahkan semakin menyiksa kami sampai kami tak mampu lagi memikirkan mana yang baik dan mana yang buruk. Kemudian terpaksa mengambil kesimpulan menikmati pemadangan yang anda tayangkan?

So, berjilbablah. Karena itu sungguh nyaman, tentram, anggun, cantik, mempersona dan tentunya sejuk dimata. Jadilah wanita yang menjaga aurat karan itu menjaga pandangan lelaki. Pesan dari Seorang laki-laki yang berusaha menahan pandangannya:

Jadilah wanita yang menjaga aurat karena itu menjaga pandangan lelaki” karena SALING MENJAGA itu lebih BAIK daripada SALING MENYALAHKAN.

Sumber: islamidia.com

 

Inilah Efek Samping Dari Alat KB Spiral yang Tidak Kita Ketahui

Banyak jenis alat kontrasepsi yang berkembang di masyarakat saat ini. Mulai dari kondom, pil KB (keluarga berencana), suntik, hingga IUD (spiral). Setiap wanita memiliki alasan masing-masing dalam memilih penggunaan jenis alat kontrasepsi tersebut.

Selain pil KB yang dinilai paling mudah dalam aplikasinya, yaitu hanya dengan meminumnya secara rutin, alat KB lainnya yang paling banyak dipilih adalah spiral.

Alat kontrasepsi ini dibuat untuk memecah jalannya sperma menuju sel telur sehingga mampu mencegah terjadinya kehamilan.

Namun sayangnya, banyak yang masih belum mengetahui tentang efek samping dari alat kontrasepsi ini. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa efek sampingnya seperti dilansir dari boldsky.com.

Masalah Menstruasi
Salah satu efek samping yang paling umum dari penggunaan alat kontrasepsi ini adalah gangguan menstruasi. Terkadang, hal yang umum terjadi adalah menstruasi tidak teratur yang disertai dengan kram dan sakit perut yang berkepanjangan.

Perforasi
Efek samping ini biasanya terjadi pada proses pemasangan alat kontrasepsi ini. Perforasi mampu menyebabkan pendarahan pada jaringan rahim.

Masalah Hormonal
KB spiral juga mampu menyebabkan efek samping hormonal seperti mual, perubahan suasana hati, sakit kepala, jerawat, dan nyeri payudara. Namun biasanya gejala ini akan hilang setelah beberapa bulan.

Kista Ovarium
Pemasangan KB spiral setelah kelahiran juga mampu menyebabkan kista ovarium. Hal ini biasanya terjadi ketika alat ini mempengaruhi keadaan hormon progesteron Anda.

Penyakit Radang Panggul
KB spiral pada dasarnya adalah benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu benda ini mampu menyebabkan iritasi karena tubuh menolak benda asing tersebut dan menyebabkan penyakit radang panggul.

Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan dapat terjadi karena pemasangan alat kontrasepsi ini. Kehamilan di luar kandungan ini berarti bahwa janin yang Anda kandung tidak mampu tumbuh dengan baik sehingga harus dikeluarkan.

Ternyata pemasangan alat kontrasepsi memang bisa menimbulkan beragam efek samping bagi kesehatan Anda. Untuk itu, sebelum memilih jenis alat kontrasepsi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter atau bidan mengenai metode yang paling cocok untuk kita.

Selain itu perlu juga menanyakan apa saja efek sampingny dan bertanya kepada dokter mengenai alat kontrasepsi yang paling banyak dipakai para pengguna alat kontrasepsi.

Sumber: islamidia.com

 

Beragam Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Buah apa yang paling cocok untuk ibu hamil dan menyusui? Buah naga adalah jawabannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa buah naga (Hylocereus undatus) ini adalah tanaman semacam kaktus, memiliki bentuk pohon yang panjang dan berduri, menjalar seperti naga.

Untuk bentuk buahnya sendiri agak lonjong, memiliki warna merah yang cantik dan ada sisik berwarna hijau yang mempercantik bentuknya.

Daging buahnya ada yang putih, dan ada yang merah, beberapa waktu belakangan juga muncul buah naga dengan warna kuning dan hitam. Daging buahnya lembut dan empuk, berair dan sangat cocok untuk cemilan yang lezat.

Buah naga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu yang sedang menyusui, sampai bayi yang sedang belajar makan. Lalu apa saja kandungan yang terkandung di dalam buah naga untuk ibu hamil dan yang sedang menyusui?

Vitamin A
Kandungan pertama yang perlu disoroti dalam buah naga adalah adanya kandungan vitamin A yang melimpah, vitamin yang satu ini terkenal mengandung karoten yang baik untuk membantu menyempurnakan perkembangan organ dalam yang ada pada tubuh janin.

Selain itu antioksidan yang bisa ditemukan dalam vitamin A bisa bermanfaat untuk mencegah risiko infeksi yang bisa saja terjadi saat proses persalinan yang sedang berlangsung.

Kemudian paska melahirkan, ibu menyusui yang mengonsumsi buah naga teratur bisa memberikan si kecil vitamin A melimpah untuk membantu penglihatan si kecil supaya lebih baik lagi.

Vitamin B
Selain itu dalam buah naga ada vitamin B1(tiamin) dan juga vitamin B2 (riboflavin), keduanya memiliki fungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dalam tubuh.

Kelak energi tersebut bisa mempengaruhi perkembangan saraf dan juga otak pada janin, juga bisa hindarkan janin dari kemungkinan penyakit beri-beri. Selain itu untuk ibu menyusui, tiamin ini bisa meningkatkan produksi ASI juga,

Lebihjelasnya lagi vitamin B3 (niasin), ini memiliki fungsi untuk menjaga sirkulasi darah dan juga untuk menyerap energi dari karbohidrat, dari protein, serta lemak.

Dengan memilii sirlukasi darah yang baik, maka nantinya akan mempermudah aliran nutrisi dari makanan yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan.

Kemudian vitamin B5 (asam pantotenat), memiliki tugas untuk meningkatkan kinerja paru-paru kita dalam mengalirkan oksigen ke semua sel darah merah.

Jadi vitamin yang satu ini memang terbukti mampu digunakan untuk mengurangi rasa stres, akhirnya bisa menghindarkan terjadinya ketegangan pada rahim kita.

Adanya vitamin B6 (pyridoxine) menjadi tambahan untuk memperlancar metabolisme hemoglobin pada tubuh ibu serta tubuh janin, hingga janin mampu berkembang sempurna.

Tak hanya itu saja, ada juga vitamin B9 (asam folat)yang fungsinya adalah untuk membentuk dan juga untuk membelah sel pada janin, jadi baik sekali untuk menyempurnakan perkembangan jaringan dalam janin, juga bisa menghindarkan si ibu dari keguguran.

Sementara itu, vitamin B lainnya yang terkandung dalam buah adalah vitamin B12 (cobalamin), yang mampu membantu kinerja asam folat juga mampu untuk mencegah kanker payudara.

Jenis vitamin yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, karena memberikan nutrisi yang imbang bagi tubuh. Solusinya, konsumsi buah naga.

Vitamin C (Asam Askorbat)
Vitamin lainya yang ada dalam buah naga adalah vitamin C atau Asam Askorbat. Yang disebut dengan asam askorbat itu sendiri memiliki fungsi yang luar biasa untuk tubuh supaya bisa mempercepat proses penyerapan zat besi yang ada bagi tubuh, hingga zat besi dapat bekerja secara optimal dan juga bisa menjadikan tubuh jadi semakin bugar.

Selain itu vitamin C juga memang sudah terbukti mampu mengurangi resiko kelahiran bayi prematur yang bisa menyebabkan berbagai masalah bagi si kecil.

Vitamin E
Buah naga juga mengandung vitamin E, dan dalam vitamin E ini terdapat alfa-tokoferol aktif yang kelak akan beregenerasi jika bertemu dengan vitamin C, untuk bersama-sama menangkal radikal bebas peroksi, jadi bisa mengamankan ibu hamil dan janinnya dari bahaya infeksi ataupun bahaya dari berbagai penyakit lainnya.

Selain itu, vitamin E juga mampu meregenerasi sel-sel dalam tubuh yang rusak, bisa memperkuat kandungan atau rahim juga.

Ditambah lagi dengan kemampuannya untuk menstabilkanvitamin A dalam tubuh kita bisa memberikan kita ketenangan dari risiko bayo yang lahir cacat.

Serat
Kita semua tahu jika makanan yang berserat itu akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan, salah satunya adalah untuk memperlancar proses pencernaan.

Jadi ibu hamil bisa terhindar dari risiko susah buang air besar, sembelit, wasir apalagi ambeien. Selain itu, serat yang cukup juga bisa mengurangi risiko terserang komplikasi pada kehamilan.

Mineral
Di dalam buah naga yag lezat ini ternyata begitu banyak kandungan mineralnya, dari mulai kalium, zinc, tembaga, mangan, zat besi, magnesium, kalsium, dan juga fosfor. Karena kebutuhan mineral pada ibu hamil itu akan terus mengalami kenaikan pada setiap bulannya.

Contohnya saja kebutuhan zat besi, seiring besarnya kandungan maka ibu hamil akan membutuhkan asupan hemogoblin yang lebih banyak bagi tubuhnya dan akhirnya kebutuhannya terhadap zat besi juga semakin bertambah juga

Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi pada bayi yang dikandung.

Misalnya kalsium yang jadi penyusun utama tulang dan gigi, lalu fosfor untuk membangu penyerapan kalsium, kemudian mangan yang akan bertugas untuk memperkuat metabolisme tulang dan gigi, serta lain sebagainya.

Protein
Jika inginkan janin tumbuh dengan lebih sempurna lagi, maka pastikan ibu hamil mendaoatkan kandungan protein dari dalam buah naga, yang bisa membantu pembentukan organ dalam bayi seperti otak, paru-paru, jantung dan lain sebagainya.

Selain itu protein juga memiliki manfaat untuk mengolah zat besi, supaya ibu hamil bisa tetap merasa bugar, serta bisa beraktifitas ebagaimana biasanya. Untuk ibu hamil dibutuhkan kurang lebih protein sebanyak 75 gram per harinya.

Kalori
Terdiri dari karbohidrat dan lemak, itulah kalori. Karbohidrat itu sendiri adalah sumber energi yang utama bagi kita, sementara lemak juga akan menghasilkan energi, sekaligus menghemat fungsi protein untuk tubuh kita. Untuk bayi, lemak bisa membantu dalam pembentukan membran sel dan juga hormon pada si buah hati.

Itulah beberapa macam kandungan vitamin dan mineral yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dan juga menyusui dari buah naga, sangat lengkap dan juga bermanfaat.

Buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, apalagi mengingat ibu yang sedang menyusui ini memiliki kebutuhan kalori dan berbagai vitamin serta mineral yang lebih banyak.

Konsumsi buah naga secara teratur bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mineral bagi sang ibu yang tengah menyusui.

Makan Buah Naga Secara Berlebih
Perlu diingat, jangan sampai mengonsumsi buah naga dengan jumlah yang berlebihan, sebab bisa memberikan pengaruh yang kurang baik untuk kesehatan. Apapun itu, konsumsilah dengan jumlah yang masih wajar, secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Usahakan mengkonsumsi buah-buahan secara bergantian agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang lebih kompleks.

Sumber: islamidia.com

 

Ingin Hilangkan Keriput di Wajah? Pakai Saja Sendok Teh! Begini Cara Menggunakannya

Berapa uang yang telah Anda habiskan untuk membeli komestik demi perawatan wajah Anda? Sekarang Anda dapat mencoba trik yang murah meriah dengan menggunakan sendok agar keriput-keriput di wajah memudar seketika.

Dilansir dari indiatimes.com, trik ini berasal dari dokter dan ahli kecantikan Jerman Rene Koch. Anda hanya membutuhkan bahan utamanya yakni 2 sendok teh stainless steel.

Selain sendok, bahan lainnya yakni alkohol, secangkir air dingin, beberapa es batu dan semangkuk minyak. Anda dapat menggunakan minyak esensial, minyak zaitun, minyak bunga matahari atau minyak biji rami.

Petunjuk

  1. Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh dari setiap riasan atau residu, gunakan pelembab bila perlu.
  2. Sterilkan sendok Anda dengan alkohol, setelah itu celupkan dalam gelas penuh air dingin dengan beberapa es batu di dalamnya.
  3. Letakkan sendok teh di kelopak mata bagian atas saat dingin, tinggalkan di sana selama beberapa detik. Ulangi posisi ini selama 5 kali.
  4. Ulangi hal yang sama dengan kelopak mata bagian bawah Anda. Ini akan membantu menyingkirkan pembengkakan kelopak mata Anda.

Pastikan Anda menggunakan sendok dingin untuk kedua tutup atas dan bawah.

Dimulai Dengan Pijat Wajah

  1. Oleskan sendok dengan minyak sebelum memulai pijat wajah. Tekan perlahan-lahan garis wajah Anda dengan sendok. Mulailah dengan garis wajah yang dalam.
  2. Mulai dari dahi, lanjutkan ke bagian atas hidung dan teruskan melalui pelipis Anda.
  3. Gunakan gerakan melingkar pada kelopak mata Anda dari sudut dalam ke arah belakang.
  4. Kemudian menyebar di pipi dari awal lubang hidung Anda ke pelipis.
  5. Gunakan di dagu, pelipis dan leher Anda.

Poin yang Harus Diingat
Lakukan gerakan-gerakan di atas minimal 10 kali. Selamat mencoba!

Sumber: islamidia.com

Ternyata Mendengarkan Omelan Istri Baik Untuk Kesehatan Suami Lho

Wahai para suami, dengarkanlah omelan istri Anda
Anda sering pusing kepala karena tak tahan mendengar omelan istri? Tahan dulu, Ayah. Studi terbaru menunjukkan, pria yang sering diomeli istri di rumah justru lebih sehat daripada pria yang jarang diomeli pasangannya.

Omelan istri memang membuat suami tidak bahagia dengan pernikahannya. Akibatnya, mereka berisiko menderita diabetes. Namun ini “berhasil” membuat para suami yang menderita diabetes mengatur dan menjaga kesehatan diri.

Studi ini dilakukan oleh Michigan State University, dengan mengambil sampel dari 1228 pasangan suami istri selama lima tahun. Para pasangan itu berusia 57 sampai 85 tahun saat studi dimulai. 389 dari mereka menderita diabetes saat studi berakhir.

Ketua studi Dr. Hui Liu mengatakan, tujuan studi adalah menentang asumsi tradisional bahwa pernikahan yang tidak bahagia akan merugikan kesehatan.

Studi juga bertujuan mengingatkan para ahli di bidang keluarga untuk mengenal sumber dan tipe kualitas pernikahan yang berbeda.

Mengomel Itu Tanda Sayang
Siapa yang akan merawat suami jika ia sakit? Jelas istrinya. Di sinilah istri berperan penting untuk mengingatkan suami kapan harus check up, minum obat, apa makanan atau minuman yang boleh dan tidak boleh, dll.

Istri dapat membantu suami yang menderita diabetes dengan mengingatkannya untuk menjaga kesehatan.

Di sisi lain, suami kadang merasa terganggu dengan anjuran istri dan menganggapnya berlebihan. Akibatnya, suasana pernikahan pun menjadi tegang dan kurang bahagia.

Dr. Liu meneliti peran kualitas pernikahan pada risiko dan penanganan diabetes. Ia menemukan dua fakta menarik.

Pria bisa memiliki risiko diabetes lebih rendah jika pernikahan mereka kurang bahagia. Kemampuan untuk menjaga kesehatan pun meningkat, jika mereka telah terserang diabetes.

Sedangkan wanita cenderung kurang berisiko menderita diabetes jika pernikahan mereka bahagia. Dr Liu mengatakan, wanita dapat lebih sensitif dari pria mengenai kualitas pernikahan. Kesehatan wanita akan meningkat jika pernikahan mereka bahagia.

Oleh karena itu, Ayah, jangan pasang tampang masam kalo Ibu selalu cerewet mengingatkan Ayah agar banyak minum air putih dan tidak begadang melulu. Ibu mengomel karena sayang sama Ayah loh…

Sumber: islamidia.com