Ingin Suami Makin Cinta? Ini Tipsnya

Sahabat Ummi, siapa sih yang tak ingin dicinta dan disayang suami? Bahkan kebahagiaan tertinggi dalam menjalin sebuah rumah tangga adalah cinta kasih yang terjalin antara suami – istri dan anak-anak. Tetapi, yang namanya kehidupan rumah tangga pasti ada batu kerikil yang kadang menjadi sandungan dan menyebabkan pertengkaran-pertengkaran kecil. Apalagi jika usia pernikahan telah berlangsung berpuluh tahun, maka sebagai istri Bunda harus pandai mengambil hati suami sehingga ia makin cinta sama kita.

Nah, tips di bawah bisa sahabat Ummi coba aplikasikan dalam upaya mempererat cinta kasih suami tercinta.

1. Tampillah hebat all time

Cantik dan muda itu anugerah, tak bisa diminta atau dipilih. Akan tetapi tampil menarik itu kemasan yang bisa kita olah dengan segenap upaya. Nah sahabat Ummi, selalu tampil hebat di hadapan suami menjadi daya tarik tersendiri. Meski sudah terlampau sibuk dengan urusan rumah tangga dan anak-anak, jangan sampai Bunda meninggalkan berdandan yang cantik untuk suami. Karena tak ada laki-laki yang menyukai wanita lusuh dan tak sedap dipandang mata. Fisik memang bukan segalanya, tapi tampil rapi, bersih dan menarik membuat suasana menjadi lebih cerah tentunya.

2. Bersikap romantis

Kalau belum menikah (masih dalam tahap ta’aruf) kita mati-matian untuk bersikap seromantis mungkin, tapi kalau sudah menikah biasanya lupa akan hal ini. Padahal, bersikap romantis justru sangat diperlukan dalam hari-hari suami-istri lo sahabat Ummi. Sesekali Bunda perlu bersikap manja dan romantis pada suami. Tentu tidak sepanjang hari atau tidak melulu dengan hal-hal yang mewah. Pada momen tertentu cukup lakukan hal-hal sederhana namun berkesan. Misalkan menyiapkan baju sarimbit saat akan menghadiri pesta teman kerja suami atau menggandeng tangannya dengan lembut dan mesra.

3. Menyambut dengan Senyum

Pulang dari kerja adalah waktu yang tepat bagi Bunda untuk membahagiakan suami. Sambut suami dengan senyum termanis yang Bunda miliki dan dengan dandanan yang sejuk dipandang tentunya. Tak ada yang lebih membahagiakan dari senyum tulus istri sebagai pelepas lelah usai seharian bekerja memeras otak dan tenaga. Jika Bunda memiliki beberapa problem yang perlu dibicarakan, tunda terlebih dahulu. Jangan sampai suami pulang kerja Bunda sambut dengan berbagai keluhan dan omelan. Yang ada suami balik badan dan tak jadi masuk rumah. Biarkan suami melepas lelah terlebih dahulu. Berganti pakaian dan bersih diri hingga ia bersantai.

4. Pandai memanaje uang belanja

Memberi uang belanja adalah kewajiban suami, namun bukan berarti sahabat Ummi harus menghabiskan semuanya bukan? Sisihkan beberapa rupiah untuk berhemat. Dengan rajin menabung dan tidak selalu kurang atas pemberian suami akan membuat suami makin cinta sama kita. Terlebih ketika kita bisa kreatif dalam memanfaatkan dan mengolahnya.

5. Pijit suami sebelum tidur

Sebelum tidur adalah momen berdua dengan suami. Ciptakan suasana menyenangkan agar tidur bisa nyenyak dan menjadi waktu istirahat yang baik. Obrolkan hal-hal ringan yang menyegarkan pikiran. Tawarkan sebuah pijatan baginya sebagai obat pelepas lelah.

6. Persiapkan acara akhir pekan yang menyenangkan

Akhir pekan adalah hari yang ditunggu-tunggu setelah 6 hari sibuk bekerja. Menyambut akhir pekan hendaknya Bunda mempersiapkan hal-hal manis yang bisa dilakukan bersama suami dan anak-anak. Misalkan memasak berbagai aneka makanan sebagai bekal piknik bersama, mengunjungi tempat-tempat kesukaan, atau menyiapkan film favorit untuk dinikmati bersama di rumah.

7. Perhatikan segala yang ia suka

Menjadi istri tentu sahabat Ummi tahu apa yang suami suka dan tidak suka. Perhatikan segala yang ia suka, seperti makanan kesukaan, warna kesukaan, buku kesukaan, atau kegiatan yang suka ia lakukan dalam mengisi waktu luang. Dengan memperhatikan segala kesukaannya ia akan merasakan energi cinta Bunda dan suami pun akan balik semakin cinta sama kita.

8. Jangan nomor duakan

Tak ada suami yang suka dinomorduakan bahkan dengan anak atau orang tua sekalipun. Bunda harus pandai dalam bersikap sehingga suami tidak merasa dinomorduakan. Apalagi membanding-bandingkannya dengan suami teman atau tetangga. ”Haduhhh… mas gimana sih gitu aja kok nggak bisa. Pak Z aja yang tamatan SMP bisa kok!” alih-alih suami akan berupaya untuk bisa melakukannya, ia akan menjaga jarak aman agar terhindar dari komentar-komentar kita.

9. Beri pujian

Sebagaimana wanita, laki-laki juga suka dipuji. Terlebih oleh orang yang dicintainya. Puji suami kita seperlunya, asalkan jangan dibuat-buat dan terkesan basa-basi lo. Pahami suami dan berikan pujian pada waktu dan tempat yang tepat sehingga mengena di hatinya.

10. Jadilah teman curhat yang hebat

Saat suami tampak banyak pikiran, sahabat Ummi harus mengambil peran sebagai teman curhat yang hebat. Dengarkan keluh kesahnya dan berikan pendapat seperlunya. Jika ada yang salah, jangan salahkan suami dengan serta merta. Arahkan secara perlahan dan jangan terkesan menggurui. Sahabat Ummi harus bisa menjadi teman curhat yang bisa dipercaya.

Nah sahabat Ummi, itu adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan agar suami makin cinta. Selebihnya Bunda bisa melakukan eksplorasi sendiri untuk memikat hati suami pujaan. Tentu kita lebih mengerti dan memahami style suami masing-masing. Karena setiap orang punya ciri dan karakter yang berbeda. Selamat mencoba ya sahabat Ummi…

Sumber: ummi-online.com

Tips Praktis Pilih Hijab Untuk Yang Berwajah Bulat

Hai Ladies, kali ini Vemale hadir dengan tips praktis untuk memilih hijab yang pas buat kamu yang berwajah bulat. Memilih hijab tak boleh sembarangan, kamu harus tahu betul hijab yang pas dengan bentuk wajah kamu agar bisa tampil cantik dan mempesona.

Bagi yang berwajah bulat dengan pipi tembam, memilih hijab memang gampang-gampang susah. Kamu disarankan untuk mengenakan inner yang menutupi sampai bagian bawah telinga. Ini akan membantu menutupi sebagian pipi yang tembam. Setelah itu pilih hijab dengan bahan loose.

Selain itu kamu juga disarankan untuk memilih kerudung atau hijab dengan pet atau ciput sebagai dalaman. Kerudung dengan model ini akan membuat wajah yang bulat atau tembam tampak panjang. Selain itu untuk motif hijab kamu disarankan untuk memilih jilbab dengan motif abstrak Ladies.

Last but not least, sebisa mungkin hindari mengenakan jilbab yang melingkari bentuk kepala karena akan membuat wajah tampak makin bulat. Well, itu tadi adalah beberapa tips yang semoga bermanfaat untukmu ya Ladies.

Sumber: vemale.com

Pikat Suami Agar Berat Tinggalkan Rumah, Begini Nih Caranya

SUAMI Anda sering tinggalkan rumah? Jika ya, bagaimana perasaan Anda? Tentu ada rasa mengganjal dalam diri Anda bukan?

Ya, sebagai seorang istri keberadaan suami di rumah, tentu begitu penting kan? Untuk itu, peran istri dalam mempertahankan suami di rumah cukup penting. Lantas, apa yang harus dilakukan istri agar suami betah di rumah?

Dilansir dalam ummi-online.com dijelaskan bahwa tujuh cara yang bisa dilakukan istri untuk memikat suami agar berat meninggalkan rumah. Apa sajakah itu?

Pertama, ciptakan suasana romantis. Manfaatkan momentum kebersamaan bersama suami seefektif dan semaksimal mungkin. Makan malam berdua dengan temaram cahaya lilin, tentu membuat kesan yang mendalam. Sesekali pergi berdua ke desa wisata, menikmati sejuknya udara pegunungan, kicau burung di pagi hari, segarnya air terjun, dan beningnya sungai pastilah membuat suami bersemangat kembali saat bersama di rumah.

Kedua, menonton film bersama. Cobalah untuk menonton film bersama suami di rumah. Pilihlah film dengan genre yang telah disepakati bersama. Boleh film drama, komedi, aksi, horor, klasik, romantis, dan sebagainya. Sediakan camilan atau kudapan ringan untuk menghangatkan suasana dan demi kebersamaan.

Ketiga, selingi dengan humor. Hal yang satu ini sering dilupakan oleh pasangan suami istri. Saat anda sedang berdua, selingi dengan humor segar atau candaan ringan pastilah membuat hubungan lebih menyenangkan. Sebagai variasi humor, boleh diselingi dengan tebak-tebakan, permainan jari, kartu, ular tangga, atau saling menggelitiki sehingga membuat suasana menjadi riang dan penuh tawa.

Keempat, perhatian penuh cinta kasih. Perhatian-perhatian kecil membuat pasangan Anda merasa nyaman. Misalnya menyiapkan handuk, baju kerja dan dasi, menyiapkan teh hangat, sesekali menyuapi suami, membelikan obat saat suami sakit, mengisikan pulsa, membantunya mencuci piring dan pakaian, merapikan tempat tidur atau meja makan, menyapu halaman, mengambilkan sepatu, membelikan kado terindah di saat hari ulang tahunnya, dan hal-hal lainnya. Saat melakukan ini, hendaklah diniatkan untuk membahagiakan suami tercinta, agar bernilai sebagai amal ibadah yang diridhai Allah.

Kelima, variasi permainan ranjang. Kehangatan di ranjang terlihat sepele, namun berefek besar. Betapa banyak suami yang bosan dengan gaya yang itu-itu saja. Nah, saatnya istri berperan. Bacalah buku kamasutra, cobalah beragam variasi posisi, dahului dengan cumbu rayu yang tidak biasa, cobalah aneka gaya yang disepakati bersama di tempat yang berbeda. Boleh diiringi dengan aromaterapi, diselingi musik lembut nan menyentuh hati, atau hal-hal lain pembangkit birahi yang masih diperbolehkan oleh Illahi.

Keenam, sajikan menu kesukaan. Cobalah untuk bereksperimen dari buku-buku masakan, lalu sajikan menu kesukaan suami. Bila belum terbiasa memasak, maka tontonlah dari Youtube, bagaimana cara memasak atau menyajikan makanan atau minuman favorit suami. Bila belum berhasil, maka cobalah lagi.

Boleh juga sesekali mencoba varian menu masakan tradisional. Menghidangkan masakan tradisional ini memiliki banyak sekali keuntungan. Jadi secara tidak langsung melestarikan budaya melalui kuliner tradisional, menghibur dan membahagiakan hati pasangan, menciptakan kebersamaan nan penuh kemesraan.

Ketujuh, musik penggugah jiwa. Musik dapat melembutkan dan menggugah jiwa. Bahagiakanlah rumah tangga dengan bernyanyi bersama, melantunkan kalimat yang mengingatkan kepada Ilahi. Semarakkanlah suasana dengan alunan musik romantis tentang alam semesta yang melukiskan keagungan sang Pencipta. Dengan bersenandung bersama, maka kebersamaan jiwa terasa semakin mesra dan akrab. Musik memang dapat menyatukan hati dan membuat jiwa-jiwa semakin dekat kepada Illahi.

Sumber: islampos.com

Sesuai Anjuran Agama, ini Tips “Menjinakkan” Mertua yang Cerewet dan Suka Sensi

Pekerjaan dapur ada yang salah langsung diomel-omelin, lantai kotor sedikit ngomongnya udah kayak kereta ekspres cepet banget. Ada juga yang lebih parah dari itu, di satu sisi hati jadi sebel dan panas, disisi lain orangtuanya suami, bagaimana diriini harus menyikapinya?

Ketika kita telah memutuskan menikah dengan seseorang, berarti kita juga telah memutuskan dan siap untuk menerima dua keluarga yang berbeda menyatu.

Nah, untuk seorang muslimah pasti sudah menjadi kewajiban untuk taat kepada suami. Dan sebagai suami, tentu kita juga tahu bahwa kewajibannya taat adalah kepada ibunya yang paling utama.

Untuk anda yang telah menikah, apakah ibu mertua anda menyebalkan? Sering memandang pekerjaan anda tidak benar? Atau sering marah marah? Iri mungkin? Atau sering sensi?

Satu sisi dia bertingkah menyebalkan dan kadang membuat hati anda menjadi panas, sisi lain beliau adalah ibu dari suami sendiri.

Bagaimana cara menghadapinya? Tenang semua itu memang butuh proses, suatu saat pasti anda akan merasakan jadi mertua juga.

Cara menghadapi mertua yang cerewet tidak boleh dibalas dengan cara yang buruk pula, tapi harus dengan cara yang baik dan sesuai anjuran agama. Saat semua terasa buntu maka Allah lah tempat untuk meminta petunjuk.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kita minimalisir agar tekanan-tekanan seperti di atas menjadi berkurang.

1. Memisahkan diri dari dirinya

Seorang mertua adalah ibu juga dan dia adalah ratu di rumahnya, yaa di rumah suaminya yang juga mertua anda dia menjadi ratu. Sisi lain anda adalah ratu juga di kerajaan suami anda. Dua ratu tidak bisa ada di tempat yang sama ya.

Alangkah baiknya kalau anda memiliki rumah sendiri dengan suami anda, tidak perlu rumah yang baru bisa kosan atau bisa juga sewa rumah. Dengan begitu anda akan membebaskan diri anda dari jerat mertua yang cerewet.

Tindakan ini bukan berarti memisahkan suami anda dengan orang tuanya tapi cara ini paling efektif untuk membuat rumah tangga dengan suami anda menjadi aman. Jika anda sudah berkorban untuk meninggalkan orang tua anda maka hendaknya suami juga turut mengerti kondisi anda saat ini.

Tentu dengan cara ini juga, anda akan merasa lebih leluasa bercanda dan bermanja bersama suami, dengan begitu pernikahan anda akan semakin romantis dan harmonis.

2. Berbicara dengan mertua

Sering berbicara dan mengajak komunikasi mertua bisa menjadi cara menghadapi mertua cerewet.

Berbicara tidak perlu dengan tema yang berat yaa cukup bicarakan hal hal yang ringan, seperti menu makan, makanan favorit, hewan peliharaan, dan lainnya.

Berbicara dengan nada yang rendah memposisikan diri sebagai anak yang sedang berbicara pada ibunya. Pembicaraan ringan dan sering mendekati mertua bisa anda coba untuk menyelesaikan masalah anda.

Memang sihh tidak semua menantu mau melakukannya karena merasa dia yang tersakiti dari sikap mertuanya. Yaa ini lah rumah tangga banyak lika likunya.

3. Melihat situasi selalu dari dua arah

Ketika ada masalah yang terjadi jangan langsung menyalahkan satu sisi saja, misal orang tua yang salah terus.

Bisa jadi ada salah paham antara anda dan mertua. Saat menyampaikan suatu informasi atau berita bisa dengan perlahan biar tidak ada salah paham ini.

Memang biasanya perselisihan antara mertua dan menantu adalah terletak pada komunikasi yang tidak baik. Saat ada masalah mertua langsung menyalahkan menantu yang kurang perhatian. Atau menantu yang selalu menyalahkan orang tua.

Memandang permasalahan yang terjadi itu dari berbagai arah jadi anda memiliki pandangan yang luas untuk bersikap. Inilah yang disebut dengan kedewasaan berfikir. Tenang dulu cari pokok permasalahannya.

4. Menunjukan kasih sayang pada mertua

Memberikan kasih sayang pada mertua seperti memberi kasih sayang pada orang tua sendiri. Perlakukan dengan sama karena pada dasarnya mertua adalah orang tua anda sendiri yang harus anda beri kasih sayang.

Batu itu sangat keras tapi kalau setiap hari diberi tetesan air maka lama kelamaan batu akan pecah oleh air.

Tidak ada yang tidak mungkin yang penting tugas anda adalah memberinya kasih sayang untuk masalah dibalas atau diterima kasih sayang tersebut itu sudah urusan mertua.

Sebagai menantu anda akan menilai sikap mana yang lebih baik diterapkan untuk menghadapi mertua. Berbagai cara menghadapi orang tua yang jahat hanya anda yang tau cara mana yang tepat untuk dilakukan.

5. Berusaha menjadi orang yang lebih baik

Mertua ikut campur dalam Islam sebenarnya tidak diperkenankan jika sudah tahap mencampuri segalanya yaa. Rumah tangga yang anda bangun dengan suami adalah bahtera yang sedang anda kayuh bersama jadi tidak pas jika mertua mencampurinya.

Berusaha menjadi orang baik tidak akan membuat anda rugi yaa jadi lakukan saja, jadilah menantu yang baik, mengabdi pada suami, merawat anak anak dengan sepenuh hati. Bersabarlah, coba baca kisah suami yang sabar menghadapi istri dan anaknya yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat anda.

Jangan terlalu memikirkan sikap mertua pada anda walaupun sebenarnya memang menyakitkan tapi kalau selalu dipikir akan membuat anda menjadi manusia yang menyedihkan.

6. Mencoba merasakan berada di posisi mertua

Coba anda rasakan ketika ada perselisihan antara anda dan mertua membayangkan anda di posisi mertua dan membayangkan anda memiliki menantu yang bersikap seperti anda. Apa yang akan anda lakukan?

Nahh mencoba untuk memikirkan hal tersebut akan membuat anda mengerti kenapa mertua anda sering sebal. Ini berbeda kasus yaa kalau-kalau anda sudah berbuat baik ternyata emang mertua yang tidak mau menerima anda.

Sebenarnya ini bisa diantisipasi sejak memilih calon suami, jangan pernah membuat PR untuk diri anda. Misalnya anda sudah tau kalau orang tua calon suami tidak suka dengan anda lebih baik anda segera mundur.

Jangan berencana “nanti juga luluh kalau aku udah jadi mantunya“ yaa kalau luluh, kalau enggak kan malah anda sendiri yang sakit nantinya.

7. Peran penting dari suami

Ini yang paling penting yaa, suami memiliki peran besar untuk mengantisipasi perselisihan antara istrinya dengan orang tua.

Suami bisa menjadi moderator yang paling baik dan menyampaikan dengan benar kepada kedua belah pihak.

Anda bisa menyampaikan kepada suami tentang perasaan anda yang sebenarnya, anda juga bisa menyampaikan solusi yang anda miliki untuk menyelesaikan permasalahan dengan mertua.

Sebagai suami seharusnya juga tanggap dengan masalah yang dihadapi keluarganya. Karena memang sudah sering terjadi permasalahan antara mertua dan menantu.

Nah setelah membaca ini, mudah-mudahan dapat membantu ya. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Allah, agar Allah selalu menjaga dan memberkahi keluarga kita.

Sumber: wajibbaca.com

 

WANITA INI BEBERKAN, “RANKING 1 BUKAN KUNCI SUKSES”, INI CARA DETEKSI KECERDASAN ANAK YANG TEPAT

Mungkin bunda selama ini melihat kecerdasan anak berdasarkan ranking, tapi taukah selama ini bunda salah, ada ilmu dan tips yang tepat mendeteksi kecerdasan anak lewat nilai rapor yang ada perhitungannya.

Salah satu akun facebook membagikan ilmunya untuk para orang tua, supaya bisa melihat potensi yang dimiliki anak bunda.

Pasti bunda juga sering melihat rapor anak seusai pembagian, tapi kadang hanya melihatnya saja, atau jika dapat ranking ya sudah dibiarkan saja.

Padahal mengetahui kemampuan, kecerdasaan, potensi anak sangat penting juga, karena bisa dikembangkan dan didukung agar lebih maju dan lebih sukses nantinya.

Akun Diana Agustin, menuliskan ilmu yang sangat berguna dan bermanfaat bagi bunda yang ingin mejadikan anaknya sukses nanti.

Seperti ini tulisan asli Diana Agustin yang diunggah di akun miliknya

Akhir bulan Desember adalah penerimaan raport buat para putra-putri kita.

Saya ikut bahagia di hari yang penuh ceria ini , dan ijinkan saya berbagi tips buat bapak ibu semua.

Tips berikut barangkali memiliki sudut pandang yang mungkin berbeda. Namun jika perspektifnya sama, alhamdulillah.

Yang utama semoga bermanfaat untuk kita semua.

Raport adalah *Progress Report Pembelajaran* laporan perkembangan ananda selama satu semester dalam menempuh seperangkat materi pelajaran dan *BUKAN hasil akhir*

Oleh karenanya saat menerima raport lakukan hal2 berikut :

1. *Tutup raport* terlebih dulu ! Tanyakan kpd ananda Pelajaran apa yg ia sukai dan siapakah guru yg ia sukai.

Ini akan berpengaruh terhadap nilai di dalam raport.

Belajar adalah hasil kerja mental emosional (EQ) yg kemudian mengarahkan kemampuan kognitif nya (IQ) untuk meresponnya untuk memperoleh nilai2 belajar.

2. *Buka raport.* Fokus kepada nilai TERTINGGI yg ada di raport.

Coba cek adakah signifikansi dg pelajaran yg diminati anak dan guru nya yg dia sukai.

Sekali lagi

*FOKUS lah kepada NILAI TERTINGGI* karena disitulah *KELEBIHAN* ananda. Itulah Anugerah terindah dari Tuhan Alloh yg diberikan. Terima dan Syukuri !

Berikan senyuman dan ucapan dg kalimat yg berisi pujian, apresiasi dan penghargaan dg tulus kpd ananda atas prestasinya.

3. *Perhatikan nilai nilai yg tertinggi dan nilai nilai pelajaran yg rendah.*

Perhatikan pembagian secara sederhana untuk memudahkan memetakan Oka (otak kanan) dan Oki (otak kiri)

kelompok pelajaran *otak kiri* (matematika, IPA/sains, fisika, kimia, biologi, teknik dll)

*Otak Kanan* ( bahasa, seni,IPS,)

Jika Ananda dominannya di Oki maka arahkan nantinya ke jurusan sesuai bidang Otak kiri. Demikian sebaliknya.

Raport Ini juga bermanfaat u deteksi kecerdasan sekaligus penjurusan !!!

Jangan sekali kali memaksakan anak yg dominan di pelajaran otak kanan, misalnya, untuk kuliah / sekolah menengah di jurusan golongan otak kiri semisal Matematika, IPA , kedokteran, teknik dll .

Selain kasihan kepada anak, karena menjadi beban, juga kecerdasan anak memang bukan disitu,akhirnya hasilnya/prestasiny menjadi kurang maksimal.

4. *Tanyakan kepada ananda, nilai pelajaran apa yg rendah, mengapa bisa terjadi dan bagaimana solusinya untuk selanjutnya !*

Ini sekaligus berguna bagi penguatan fondasi jiwa dan mental anak.

Melatih anak agar ia menerima diri apa adanya. Memaafkan diri dan ikhlas atas kekurangan kita sbg hamba Alloh yg lemah, kurang, sehingga memotivasi diri untuk memperbaiki.

Kecerdasan spiritual (SQ) dan keimanan yg kokoh dibangun dg melihat diri bahwa manusia memiliki sekian banyak KELEBIHAN sekaligus KELEMAHANNYA…!

Maka latihlah ananda untuk belajar menerima diri apa adanya.

5. *Jangan sekali kali MEMBANDING BANDINGKAN dg anak lain!* Karena anak anda adalah unik, berbeda dan HANYA SATU DI DUNIA tidak ada duanya.

Alloh sdh memberi Fitroh terbaik !
bakat, minat, kecerdasan, modalitas belajar dan potensi yg khas yg berbeda dg anak lain.

So Jangan dibandingkan !!! Karena putra putri Anda Tidak ada bandinganya.

Tulisan dari sahabat berikut ini juga layak untuk diperhatikan :

1. BERHENTILAH anda memamerkan ranking puta-putri anda!

Yang TERPENTING dari Pendidikan itu BUKAN ranking.

Hakekat dari pendidikan itu adalah menjadikan anak anda:

• mencintai aktivitas membaca untuk mencari pengetahuan
• bisa berpikir logis
• tahu nilai-2 benar & salah
• mampu mengembangkan bakatnya, dan
• punya semangat juang untuk mewujudkan apa yang dia inginkan secara disiplin & konsisten.

2. BERHENTILAH anda menjadikan ranking putra-putri sebagai kunci dari keberhasilan !

Ketika kita menjadikan ranking sebagai bukti keberhasilan pada anak kita, dampak terbesar adalah pada titik itulah kita berfokus. Kenyataannya TIDAK !!

• Saat anak anda mencintai membaca maka mereka menguasai banyak pengetahuan, tidak peduli apakah mereka punya ranking baik atau buruk.

• Saat anak anda bisa bepikir logis maka mereka akan mampu membangun visi dan impian mereka. Visi dan impian mereka itu tidak bisa dinilai per semester atau per semester untuk diperbandingkan antara anak satu dengan anak lainnya.

• Saat anak anda tahu mana nilai yang benar dan mana yang salah maka mereka akan punya integritas

• Saat mereka mengenal bakat mereka yang sesungguhnya maka mereka akan mampu menghasilkan karya dan dedikasi yang terbaik

• Saat anak anda punya semangat juang maka itulah kunci sejatinya kesuksesan hidup.
Dan ini semua tidak bisa diranking.

Jika anda fokus pada ranking maka anda akan kehilangan nilai-nilai yang hakiki dalam pendidikan.

Kalau anda harus kompromi dengan sistem pendidikan sekolah maka “kompromi” anda adalah, usahakan anak anda SELALU naik kelas dan bergairah menjalani aktivitas sekolahnya.

Terakhir, Maknai nilai raport anak anda *HANYA* sebagai *SALAH SATU* indikator untuk tahu mana titik lemahnya, mana titik unggul …

Semoga dg raportan yg bapak ibu terima, semakin memotivasi untuk tumbuh kembangnya potensi dan kecerdasan serta bakat minat ananda !

Raportan bukan Raport Amal Baik dan Buruk Hari Akhir, bukan!!!

Buku Raport ananda bukan catatan amal baik dan buruk hari akhir nanti, yg tidak bisa diperbaiki.

Raport bukan hasil akhir, ia adalah catatan hasil belajar ananda yg masih bisa dievaluasi dan diperbaiki !

Semoga Alloh menganugerahkan kesolehan dan berkenan mencerdaskan anak kita semua, yg mana kecerdasannya itu dijaga oleh Nya, Aamiin

*Semoga bermanfaat*

Sumber: blogshah.com

Tips Memilih Kosmetik yang Halal

Dunia perempuan memang akrab dengan makeup, apalagi jika menghadapi momen-momen penting, mulai dari ulang tahun, wisuda, hingga menyambut tahun baru. Apalagi kini tren makeup yang terus berkembang membuat banyak brand-brand makeup berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaru yang ramah bagi semua jenis kulit.

Tapi buat perempuan muslimah, selain memilih makeup yang cocok, juga harus aman dan halal. Agar tidak sampai salah pilih, simak beberapa tips berikut ini.

Pilih Produk Kosmetik yang Legal dan Berlabel Halal

Perhatikan kemasan produk makeup padahal sudah memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI. Untuk mengetahui apakah produk tersebut benar-benar halal, cross check saja ke HalalMUI.

Selain itu, cermati juga nomer pendaftaran yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Biasanya kamu akan menemukan kode CD untuk produk kosmetik lokal, dan CL untuk produk kosmetik impor.

Komposisi Bahan

Selain mencermati adanya label halal dan nomer BPOM, biasakan juga untuk mengecek bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik. Memang tidak mudah, tapi pastikan produk makeup yang digunakan terbebas dari senyawa yang mengandung alkohol atau bahan kimia berbahaya.

Selain itu, bahan-bahan yang berasal dari hewan lain dan turunannya juga tergolong nonhalal, kecuali jenis ikan dan lebah. Hal ini dipicu alasan etika dan proses yang dikhawatirkan tidak sesuai dengan syariah.

Bahan Alami Belum Tentu Halal

Selama ini, kita menganggap kosmetik yang diklaim berasal dari 100 persen bahan alami pasti halal. Belum tentu, lho. Botanical ingredient atau bahan kosmetik yang berasal dari tumbuhan memang halal, asal tidak bercampur dengan enzim dari binatang. Baca daftar kandungan produk dengan cermat dan hindari kandungan sodium heparin yang berasal dari babi, dan plasenta yang biasanya berasal dari manusia, kambing, atau sapi.

Jangan Bangga Dulu Punya Kosmetik Impor

Kebanyakan perempuan akan merasa ragu-ragu saat akan menggunakan produk kosmetik yang berasal dari luar negeri. Tapi kini, ada banyak lembaga resmi maupun independen yang mengeluarkan sertifikat halal, seperti Malaysia yang punya lembaga sertifikasi dan jadi salah satu acuan internasional.

Sedangkan di Amerika Serikat, ada Muslim Consumer Group, lembaga sertifikasi yang cukup komprehensif. Bukan hanya membuat daftar kategori halal, non halal, atau mashbooh (perlu penelusuran lebih lanjut) untuk produk makanan, tapi juga non makanan seperti kosmetik.

Periksa Nama dan Alamat Produsen

Last but not least, pilih kosmetik yang mencantumkan nama dan alamat produsen pada label kemasan. Selain mengindikasikan produk yang terpercaya, hal ini juga memudahkanmu untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang kehalalannya.

Memilih kosmetik yang aman dan halal tentunya akan membuatmu merasa lebih tenang saat menggunakan makeup sehari-hari. Selain memperhatikan riasan wajah, perawatan rambut juga jangan diabaikan.

Biasakan untuk mencuci rambut dua kali seminggu dengan produk yang tepat dan pastikan benar-benar kering sebelum mengenakan hijab. Selain itu, agar rambut terbebas dari lepek, rontok, gatal, dan bau tak sedap, lepas hijab dan ikatan rambut saat sedang santai di rumah sehingga rambut dapat bernafas bebas.

Sumber: inspirasihijab.com

Cara Alami Memutihkan Ketiak Pakai Masker Tepung Beras & Cuka

Selain ingin memiliki kulit wajah yang putih serta bersih, seorang wanita pasti juga ingin memiliki ketiak, leher dan selangkangan yang tak kalah putih, bersih dan cerah alami. Dengan ketiak yang lebih putih, tentunya ini akan membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Ini juga akan membuatnya semakin cantik, menawan serta mempesona.

Namun sayangnya, karena penggunaan deodorant atau parfum, tidak jarang hal ini membuat ketiak seseorang terlihat lebih kusam, kurang menarik dan hitam. Lantas, bagaimana caranya agar kulit ketiak kembali putih bersih dan cerah alami? Dilansir dari laman boldsky.com, kita bisa memanfaatkan berbagai bahan alami di rumah untuk memutihkan ketiak.

Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan ketiak secara alami adalah tepung beras. Kita pun bisa membuat masker untuk ketiak dari tepung beras ini di rumah. Caranya adalah:

Bahan

  • 3 sdm tepung beras
  • 2 sdm cuka

Cara Membuat & Aplikasi
Campur tepung beras dan cuka menjadi satu. Aduk rata hingga membentuk masker atau pasta. Oleskan masker ini secara merata ke ketiak pakai jari tangan. Gosok lembut masker di kulit ketiak. Diamkan masker kira-kira selama 10 sampai 15 menit hingga cukup kering. Jika sudah, bilas masker pakai air hangat hingga bersih. Sebagai sentuhan terakhir, oleskan minyak zaitun ke kulit ketiak agar kelembaban dan hasilnya lebih maksimal.

Itulah cara memutihkan ketiak pakai masker tepung beras dan cuka. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba cara ini dan semoga bermanfaat.

Sumber: vemale.com

Tips Mengetes Lipstik yang Paling Cocok Untuk Wajah

Ladies, lipstik merupakan senjata setiap wanita untuk tampil cantik dan stunning. Hanya berbekal lipstik saja setiap wanita bisa tampil berbeda dan tidak tampak pucat. Nah, kamu pasti tidak ingin salah dalam memakai dan juga memilih warna bukan? Karena itu Vemale punya tipsnya untukmu.

Ladies, yang harus kamu pahami pertama kali adalah mengenali warna kulitmu. Setiap warna kulit harus disesuaikan dengan warna pemerah bibir yang sesuai. Warna kulit tidak dapat diubah tetapi dapat ditingkatkan dengan pilihan berdandan. Salah satu cara untuk menentukan warna apa yang akan cocok dengan kulitmu adalah dengan cara mengoleskan sedikit lipstick pada tisu dan dekatkan dengan warna kulit.

Selain itu ketahui warna rambutmu Ladies. Bagi kamu yang suka pakai warna lipstik gelap sangat tidak disarankan untuk mewarnai rambut terang. Rambut terang tidak begitu cocok dengan lipstick berwarna gelap.

Kamu juga harus tahu bentuk bibirmu Ladies. Setiap orang memiliki bibir yang berbeda. Bentuk atau konturnya sangat jauh berbeda dan ini harus disesuaikan dengan make up yang akan dikenakan. Jika kamu berbibir agak tipis akan lebih baik untuk menghindari nuansa sangat gelap karena warna tersebut akan memberikan tampilan bibir lebih tipis. Bagi yang berbibir tebal warna lipstik yang gelap akan bikin kamu makin seksi.

Nah, semoga tips ini bermanfaat ya Ladies.

Sumber: vemale.com

Tips Padu Padan 5 Rok untuk Hijabers Agar Tampil Lebih Fresh

Bagi sebagian wanita, rok sering kali dilewatkan karena butuh padu padan yang jeli agar tidak nampak nerd. Namun bagi hijabers, rok menjadi kebutuhan yang wajib ada di dalam lemari mereka.

Berbagai macam cutting rok terbukti membuat penampilan wanita terlihat lebih santun. Biasanya, agar penampilan tidak membosankan dibutkan atasan yang up to date.

Tidak perlu takut lagi terlihat kuno, karena kini sudah banyak gaya kekinian yang bisa diadaptasi. Salah satunya gaya fashion blogger asal Turki, Elif Dogan. Yuk, simak gaya berbusananya disini.

1. Pleats Skirt


Rok berlipat atau rempel bisa memberi kesan klasik pada pakaianmu. Padukan dengan atasan sederhana seperti blouse. Agar lebih tegas, tambahkan jaket kulit dan sepatu boots.

2. Pencil Skirt


Rok jenis ini bisa membuat pemakainya terlihat lebih ramping dan jenjang. Kamu bisa memadukannya dengan sweater ataupun sweatshirt. Tambahkan hijab simpel serta alas kaki boots untuk kesan chic.

3. Motif


Kalau bosan dengan rok berwarna polos, kamu bisa memilih ragam motif seperti tartan ataupun floral. Sesuaikan ukuran motif dengan bentuk tubuh. Untuk tubuh kecil, gunakan motif berukuran besar. Sebaliknya, pilih motif kecil untuk kamu yang berbadan lebih lebar.

4. Denim


Bukan cuma celana, rok juga bisa dibuat dari bahan denim. Rok denim bisa membuatmu terlihat casual sekaligus feminin. Padukan dengan atasan bermotif agar tidak terlalu polos. Sertakan aksesoris casual seperti ransel dan boots.

5. Leather Skirt


Kamu yang suka berpenampilan boyish bisa coba jenis rok yang satu ini. Bahan kulit bisa membuatmu tetap kece walaupun memakai rok. Padukan dengan atasan denim dan alas kaki sneakers. Tambahkan ransel agar penampilan lebih trendy.

Sumber: dream.co.id

Tips Buat Muslimah Agar Bisa Sholat Dengan Khusyu’

Khusyuk bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan seberapa besar faktor-faktor pemicunya dipraktikkan saat menjalankan shalat.

Jika Anda bermaksud menunaikan shalat selepas wudhu dan Anda ingin khusyuk dalam mengerjakannya, maka Anda perlu memerhatikan hal-hal berikut ketika sebelum mengerjakan shalat:

1. Bersiwak
Di antara amalan sunnah yang sangat dianjurkan adalah menyegarkan bau mulut dan membersihkan gigi dengan siwak saat wudhu dan ketika hendak shalat. Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa Sallam bersabda,

“Seandainya aku tidak (khawatir) memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali wudhu.” (Muttafaq ‘alaih) Dalam riwayat lain, “Setiap hendak shalat.”

Perbuatan ini dapat membuat Anda lebih bersemangat, plus mengajari Anda mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk berdiri di hadapan Allah. Selain itu siwak merupakan media paling manjur guna mengusir kantuk jika shalat dikerjakan selepas tidur, sehingga bisa membantu Anda berkonsentrasi pada apa yang Anda baca.

2. Mengenakan Pakaian yang Bersih dan Rapi, Memakai Parfum (tidak boleh tercium laki-laki non mahram) dan Menghindari Bau yang Kurang Sedap

Allah Ta’ala berfirman,

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan…” (Al-A’raf [7] : 31).

3. Menutup Aurat dengan Sempurna

Menutup aurat secara menyeluruh dapat memberi keleluasan memposisikan setiap organ di tempatnya saat shalat. Sebab, jika Anda tidak teliti menutup aurat, bisa jadi kerudung Anda jatuh atau hampir jatuh, sehingga Anda harus berulang kali sibuk membenarkannya.

Atau, Anda terburu-buru menyelesaikan shalat, karena khawatir aurat Anda terbuka dengan menyembulnya sebagian rambut Anda. Sehingga, Anda salam sebelum sempat berdoa (seusai membaca tasyahud). Akankah ada kekhusyukan, dan mungkinkah muncul kehadiran hati, sementara Anda terlena dengan urusan lain?

4. Menyingkirkan Segala yang Dapat Mengganggu Konsentrasi
Persiapan berikutnya, menyingkirkan segala yang dapat mengganggu konsentrasi, baik yang berada di hadapan Anda, atau Anda memakainya, atau menjadi alas sujud Anda. Caranya, Anda memilih tempat yang sunyi, tidak dipenuhi berbagai perabotan rumah tangga dan dekorasi.

5. Memilih Tempat Bersuhu Sedang dan Menghindari Shalat di Ruangan yang Panas
Wahai saudariku, bila ingin tidur, menjamu tamu, pasti Anda mencari tempat yang suhu udaranya sedang atau nyaman bukan? Namun kenapa bila Anda hendak menunaikan shalat, terkadang Anda tidak begitu acuh mengerjakannya di tempat manapun.Besar kemungkinan Anda menahan panasnya udara dan tidak mencari tempat sejuk untuk shalat namun dengan mengorbankan kekhusyukan Anda.

6. Menunaikan Shalat di Tempat yang Jauh dari Kebisingan dan Gaduh
Rasulullah Shallallaahu’alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ الْمُصَلِّي يُنَاجِي رَبَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَلْيَنْظُرْ مَا يُنَاجِيهِ وَلَا يَجْهَرْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ بِالْقُرْآنِ

“Sesungguhnya orang yang shalat itu berbisik-bisik (munajat) dengan Rabbnya, maka hendaknya ia memperhatikan apa yang ia bisikkan kepada-Nya, dan janganlah kalian saling mengeraskan bacaan Al Qur’an.”

Dalam hadits ini, RasulullahShallallaahu’alaihi wa Sallam melarang mengeraskan bacaan Al Qur’an agar tidak mengganggu orang yang tengah shalat dan demi menjaga kekhusyukannya.

Maka, bila Anda ingin shalat dengan kehadiran hati dan khusyuk, carilah tempat yang paling lengang di rumah Anda dan jauhkan dari kegaduhan, kehadiran orang-orang dan pandangan mereka. Itu yang paling baik bagi wanita.

7. Mempersiapkan Shalat dengan Mengosongkan Hati atau Pikiran dari Semua Kesibukkan
Ketahuilah, hati itu disibukkan oleh berbagai macam urusan, ketakutan, kesedihan, kegembiraan, dan lainnya. Maka bila Anda ingin berkonsentrasi dalam shalat, mintalah perlindungan kepada Allah. Sebuah permintaan perlindungan yang muncul dari hati, bukan dari lidah saja.

8. Menunggu Shalat
Menunggu shalat tidak harus dilakukan laki-laki di masjid saja, bisa juga dilakukan oleh para wanita di rumah.

Adapun jika jiwa Anda berontak dan enggan duduk menunggu shalat, sementara Anda tidak memiliki tugas yang menyibukkan, maka paksalah jiwa Anda ini untuk menunggu dan lawanlah sampai ia mau menerima walau dengan terpaksa.

Sebab, jika hari ini jiwa Anda sudi menunggu dengan keadaan terpaksa, maka esok hari ia akan melakukannya secara sukarela bahkan antusias.

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Ankabut [29] : 69)

9. Memperhatikan Kebutuhan Tubuh yang Mendesak dan Menyelesaikannya Sebelum Mulai Shalat

Sumber: islamidia.com